NewsLetter KFI no 7 Gizi Seimbang untuk Mencegah Beban Ganda Masalah Gizi

Home / / NewsLetter KFI no 7 Gizi Seimbang untuk Mencegah Beban Ganda Masalah Gizi
berita_107,nlv7Kurus dan Pendek Kurang Gizi, Gemuk dan Obese Kelebiahn Gizi. Kita kenal slogan Empat Sehat Lima Sempurna yang diciptakan oleh  Bapak Gizi Indonesia, Prof. Purwo Sudarmo, tahun 1950an. Di Amerika dan negara lain pada masa itu dikenal slogan “Basic Seven dan Basic Four”.  Sejak awal  tahun 1990an slogan-slogan itu diperbaiki menjadi Gizi Seimbang dengan logo Piramida. Piramida Gizi Seimbang  di Indonesia dikenalkan oleh Kementerian Kesehatan tahun 2003 , sayangnya tidak berlanjut. Sampai tahun 2009 praktis Indonesia tidak punya pedoman gizi.  Pada tahun 2010  Institut Gizi Danone Indonesia menerbitkan buku “Sehat dan Bugar berkat Gizi Seimbang”, dengan logo piramida dalam bentuk  Tumpeng Gizi Seimbang, dengan pesan tentang 4 Prinsip Gizi Seimbang.  Buku ini   dipasarkan ditoko-toko buku sampai tahun 2013. Tahun 2014 KemKes menerbitkan  buku pedoman baru dengan  Tumpeng Gizi Seimbang 2014 dengan bentuk tumpeng yang berbeda, tetapi  dengan  4 Prinsip Gizi Seimbang yang sama.

Pada awal perubahan Empat Sehat Lima Sempurna  (ESLS) ke Gizi Seimbang tahun 1990an,  banyak kalangan berkeberatan karena ESLS sudah sangat populer. Tidak hanya dari kalangan awam tetapi juga profesional. Mereka tidak menyadari bahwa slogan-slogan itu disusun atas dasar ilmu pengetahun (“science”). Salah satu ciri ilmu pengetahuan adalah selalu berubah, sesuai dengan penemuan-penemuan penelitian terbaru. Karena itu di USA selama 100 tahun pedoman gizi seimbang  berubah 8 kali, terakhir tahun 2012. Dan saya percaya masih akan berubah lagi 5-10 tahun kedepan.

Untuk menyambut terbitnya buku Pedoman Gizi Seimbang Kementerian Kesehatan 2014, News Letter KFI nomor ini menurunkan tulisan tentang Sejarah Perkembangan Gizi Seimbang sejak diciptakan di USA tahun 1943.  Dengan tulisan ini diharapkan tidak adalagi yang mempermasalahkan adanya perubahan-perubahan itu. Yang perlu dipertanyakan adalah apakah dengan adanya pedoman baru, pola makan masyarakat makin sehat mengarah pada Gizi Seimbang dan menurunnya beban ganda masalah gizi . Itu perlu diteliti. Bila tidak terjadi perubahan kemungkinan pedoman itu perlu disesuaikan lagi, seperti yang yerjadi di USA.

Jakarta, April 2014
Prof.(Em.) Soekirman, PhD
Chairman, KFI

Download File News Letter no 7

Related Projects
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.