Persiapan Fortifikasi Minyak Goreng dengan Vitamin A

Home / kfi / Persiapan Fortifikasi Minyak Goreng dengan Vitamin A
Bottles of unbranded fortified cooking oil from the oil producer "Wilmar".

Bottles of unbranded fortified cooking oil from the oil producer “Wilmar”.

Pemerintah Indonesia sedang mempersiapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk minyak goreng yang diperkaya dengan vitamin A tahun 2011/2012. Keputusan untuk memfortifikasi minyak goreng dengan vitamin A di Indonesia diambil berdasarkan studi kelayakan yang mendalam, yang dilakukan oleh KFI tahun 2005 dengan dukungan Micronutrient Initiative (MI) Kanada. Kemudian, pada tahun 2008/2009, KFI melakukan penelitian rintisan di Makassar, yang didanai oleh the Japan Fund for Poverty Reduction, the Asian Development Bank (ADB), dan Kementerian Kesehatan. Kedua riset ini menunjukkan, minyak goreng yang sudah difortifikasi dengan vitamin A layak diimplementasikan dan dapat memperbaiki kadar retinol darah anak-anak sekolah di wilayah studi.
Berdasarkan penelitian Makassar itu, konsep scaling-up dikembangkan KFI dengan dukungan GIZ. Pada awal 2010, proposal projek yang didasarkan atas konsep tersebut disampaikan ke GAIN. Dalam bulan Juli 2010, GAIN memberikan dana hibah untuk KFI. Pada tanggal 25 Januari 2011, projek Fortifikasi Minyak Goreng dengan Vitamin A resmi diluncurkan oleh Menteri Kesehatan di Jakarta.
Untuk memastikan tercapainya tujuan projek, yakni memperbaiki status vitamin A anak-anak dan ibu hamil, maka status vitamin A terkini sebelum fortifikasi akan dinilai tahun 2011. Setelah itu, studi dampak akan dilakukan pada tahun 2012 oleh tim penelitian dari Indonesia dan pakar internasional.
Dengan data yang berasal dari riset dasar dan studi dampak, data mutakhir prevalensi defisiensi vitamin A di Indonesia akan tersedia dalam waktu dekat.

Sumber: KFI NEWS Januari/Februari 2011 volume 1

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.